Home > Tips Umroh > Tips Persiapan Umroh Pria yang Harus Anda Ketahui

Tips Persiapan Umroh Pria yang Harus Anda Ketahui

Mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Baitullah merupakan salah satu momen yang paling didambakan umat Islam. Selagi kita diberi kesempatan oleh Allah Swt, wajib hukumnya untuk mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dengan sebaik mungkin, agar ibadah umroh kita pun dapat berjalan lancar, nyaman, dan khusyuk.

Lantas, apa saja persiapan umroh pria yang harus diketahui para calon jemaah?

Persiapan Fisik

Ibadah umroh melibatkan serangkaian kegiatan yang membutuhkan kondisi fisik yang prima. Itulah sebabnya para calon jemaah umroh wajib mempersiapkan tubuhnya agar tetap sehat dan prima hingga hari pelaksanaan umroh tiba. Persiapan fisik yang dapat dilakukan para calon jemaah umroh wanita yang paling utama adalah dengan rutin berolahraga. Anda tidak perlu melakukan latihan fisik yang terlalu berat. Salah satu contoh latihan fisik ringan yang dapat Anda praktikkan untuk menjaga kebugaran tubuh sebelum berangkat ke Tanah Suci adalah joging, dan senam kebugaran.

Faktor makanan yang dikonsumsi juga tidak boleh luput dari perhatian. Pastikan Anda tidak mengonsumsi makanan yang menimbulkan reaksi alergi atau gangguan pencernaan dan imunitas menjelang keberangkatan ke Tanah Suci.

Tubuh yang sehat dan bugar merupakan syarat utama agar Anda dapat melakukan aktivitas ibadah yang nyaman dan jauh dari gangguan yang akan mengurangi kekhusyukan ibadah Anda.

Persiapan Rohani

Selain tubuh yang bugar, kondisi mental atau rohani Anda juga harus dalam keadaan prima.  Agar ibadah umroh kita diterima oleh Allah Swt, tetapkan niat Anda semata-mata karena Allah dan jauhkan pikiran dari segala macam prasangka sebelum berangkat ke Tanah Suci. Perbanyak pula amalan wajib dan sunah agar kita dapat semakin dekat dengan Allah Swt.

Usahakan pula agar Anda tidak banyak melakukan aktivitas yang menguras tenaga, apalagi yang memaksa Anda tidur terlalu larut

Sebelum berangkat ke Tanah Suci, tidak ada salahnya pula jika kita memantapkan diri dengan menghafal doa-doa umroh, termasuk tata cara umroh serta hal-hal lainnya yang berkaitan dengan ibadah umroh.

Persiapan Logistik

Persiapan logistik dapat dibilang sebagai persiapan umroh pria yang paling rumit dan memerlukan berbagai macam pertimbangan. Ketika menyiapkan perlengkapan ibadah umroh, calon jemaah wanita disarankan membawa perlengkapan sesuai kebutuhan agar tidak perlu membawa beberapa macam tas. Para jemaah disarankan untuk membawa tas dan koper tidak lebih dari tiga buah, yakni koper besar, tas jinjing, serta tas kecil. Kira-kira apa saja perlengkapan umroh yang harus ada dalam koper dan tas jemaah wanita?

Isi Koper Besar (Masuk Bagasi Pesawat):

  1. Kain Ihram 1 set. Dapat juga membawa 1 cadangan sebagai persiapan bila yang satunya terkena najis atau kotoran.
  2. Sandal dan Tas Plastik untuk Menyimpan Sandal di dalam Masjid. Meski di dalam masjid terdapat rak, namun jumlahnya terbatas, jadi ada baiknya Anda menyimpan sendiri perlengkapan umroh seperti sandal Anda dalam tas plastik bening sehingga memudahkan Anda mencari. Dapat juga Anda letakkan di dekat Anda sholat. Hal ini juga menghindari bila ternyata Anda lupa di rak mana Anda menyimpan sandal.
  3. Kacamata Hitam. Bila perlu, untuk menghindari cahaya matahari yang menyilaukan di siang hari
  4. Baju Koko dan/atau Baju Batik. Disarankan warna putih/warna lembut untuk dikenakan saat ke masjid atau berziarah/tour. Bawa secukupnya saja sesuai dengan jumlah hari Anda berkunjung.
  5. Celana Bahan Kain, Hindari Celana Jeans. Celana kain akan membuat bagasi tempat menyimpan perlengkapan umroh Anda lebih ringkas dibandingkan celana jeans karena ketebalannya (kecuali saat musim dingin di Tanah Suci atau Anda mengambil paket umroh plus Turki di saat musim dingin).
  6. Pakaian untuk Anda Kenakan Saat Tidur. Meskipun Anda bebas membawa pakaian tidur apa saja seperti celana pendek dan kaus oblong, pertimbangkan juga dengan siapa Anda menginap di kamar hotel: apakah Anda berdua, bertiga, atau berempat. Juga apakah dalam satu kamar semuanya adalah keluarga Anda sendiri atau dengan keluarga lain. Jangan sampai mereka dan juga Anda tidak nyaman karena pakaian tidur yang dibawa tidak enak dipandang mata. Meski baju untuk tidur, namun harus tetap rapi, bersih, dan nyaman, sebagaimana perlengkapan umroh lainnya.
  7. Sarung. Bila perlu, yang juga berfungsi sebagai selimut.
  8. Pakaian Dalam. Secukupnya sesuai dengan jumlah hari umroh Anda.
  9. Pelembab Kulit. Baik untuk wajah atau badan, untuk menghindari kulit yang kering. Anda juga dapat membawa sunblock bila jadwal keberangkatan Anda di musim panas.
  10. Jaket atau Sweeter. Bila Anda berumroh di musim dingin.
  11. Baju atau Jaket Tipis. Jika Anda berumroh di musim panas.
  12. Bawalah Sajadah yang Tipis Saja. Karena seluruh areal masjid telah dilengkapi sajadah. Selain itu sajadah tipis juga dapat Anda gunakan sebagai pelindung kepala bila matahari bersinar terik atau cuaca panas.
  13. Perlengkapan Mandi. Meski pihak hotel telah menyedikan namun bisa jadi jumlahnya terbatas. Untuk mengantisipasi, bawalah handuk, sabun, sikat gigi, pasta gigi, dan shampo kemasan sachet atau kecil agar tidak memberatkan.
  14. Kaus Kaki Tebal. Bila Anda tidak tahan dengan suhu dingin AC, Anda dapat membawa kaus kaki yang dapat Anda kenakan saat di masjid atau saat tidur di hotel. Simpan dengan rapih bersama dengan perlengkapan umroh Anda lainnya.
  15. Perlengkapan Gadget. Jangan lupa untuk membawa charger dan colokan listrikkarena bentuk stop kontak di Arab Saudi agak berbeda dengan stop kontak di negara kita.
  16. Kamera Handphone vs Kamera Poket. Bila smartphone Anda  memiliki resolusi kamera yang cukup bagus, Anda tidak perlu membawa kamera poket, cukup bawalah microcard cadangan untuk mengantisipasi microcard yang terpasang di smartphone Anda kapasitasnya telah penuh sementara Anda tak bisa memindahkannya. Namun bila tidak, bawalah kamera pocket beserta baterai cadangan.
  17. Obat-obatan. Anda juga perlu membawa obat-obatan pribadi untuk sakit ringan seperti obat batuk, flu, obat sakit perut, atau diare, balsem, minyak kayu putih, koyo dan lain-lain. Kemas dengan rapi dan mudah untuk dibawa di tempat perlengkapan umroh Anda yang kecil ukurannya.
  18. Masker Mulut dan Hidung. Anda juga dapat membawa masker untuk menghindari debu atau bila Anda terkena flu agar tidak menulari jamaah lainnya.

Isi Tas Jinjing (Masuk Kabin Pesawat) :

  1. Kain Ihram Pria 1 set. (Jika awal kedatangan umroh dari mekkah dulu, karena miqat di pesawat tepat diatas bukit yalamlam)
  2. Sabuk Haji yang Ada Dompetnya (Pria). Bisa digunakan untuk menyimpan uang dan mengikat kain ihram. Bila Anda tidak memiliki sabuk haji, dapat diganti dengan tas pinggang.
  3. Buku do’a / Al Quran yang dapat Anda baca selama perjalanan
  4. Handphone / tablet / laptop / kamera, pastikan dalam kondisi mati selama berada di dalam pesawat.
  5. Peralatan  shalat
  6. Makanan ringan secukupnya
  7. Obat-obatan pribadi secukupnya. Perjalanan anda hanya beberapa jam saja di atas pesawat, jadi bawalah yang perlu saja, sisanya dapat Anda masukkan di dalam bagasi. Biasanya di pesawat bila Anda berangkat malam hari, Anda akan memerlukan minyak kayu putih yang dapat menghangatkan tubuh dari dinginnya AC pesawat.
  8. Minuman saat menunggu di bandara. Perlu anda ketahui bahwa cairan lebih dari 100 ml tidak boleh dibawa saat penerbangan dari Indonesia ke Jeddah, jadi bawalah air minum secukupnya.

Isi Tas Kecil (Tas Pinggang):

  1. Paspor.
  2. Dompet berisi uang tunai secukupnya. Perkirakan juga pengeluaran apa saja yang perlu, selain untuk membeli oleh-oleh, dana darurat dan lain-lain
  3. Tanda pengenal dan dokumen pendukung lainnya.

Cara Packing Perlengkapan Umroh

Anda telah membuat checklist barang apa saja yang akan dibawa, namun Anda masih bingung karena merasa barang bawaan Anda terlalu banyak dan membutuhkan berapa banyak tas.

Anda harus membagi barang-barang tersebut ke dalam kelompok sesuai kebutuhan.

Bagaimana Antisipasi Tertukarnya atau Hilangnya Perlengkapan Umroh?

Sebagai tambahan, untuk menghindari tertukarnya tas atau kehilangan:

  1. Lengkapi tas dengan identitas diri seperti nama/alamat/nomer telepon.
  2. Letakkan ID tag  yang diberi tali lalu diikatkan pada tas.
  3. Tambahkan ciri khusus pada tas Anda seperti gantungan kunci pita atau tali berwarna cerah. Selain itu Anda juga dapat menggunakan tali ikat koper tambahan (luggage strap) yang dilengkapi kunci pengaman TSA.

Kesimpulan 

Demikian informasi dan daftar perlengkapan umroh yang perlu Anda ketahui dan siapkan selengkap-lengkapnya agar perjalanan umroh Anda nyaman tidak terkendala apapun.

Semoga bermanfaat dan Anda beserta keluarga kembali ke tanah air dengan membawa umroh yang mabruuk. Aamiin Yaa Rabbal ‘aalamiin.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!